(PENGALAMAN) Sensasi Renang Di Omah Tembi Budaya Yang Jawa Banget


Sebutan kota istimewa untuk Yogyakarta masih sangat melekat sampai sekarang. Kota Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi yang saya sukai dan termasuk kota favorit saya. Sangat banyak lokasi liburan dan istirahat sejenak di sini. Mulai dari hiburan di mall hingga wisata alamnya yang luar biasa indah dan istimewa.

Jika Anda menginginkan liburan dengan waktu yang sebentar dan mendapatkan suasana Jawa dan tradisional saat berenang, Omah Tembi Budaya bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Konsep yang dihadirkan di sini sangat Jawa sekali serta lokasinya yang jauh dari bisingnya perkotaan sangat mendukung untuk berenang Anda. Berlokasi di Jalan Parangtritis Km 8.4, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Untuk menuju ke sini Anda dapat menggunakan google maps agar mempermudah pencarian Anda. Selain itu akses jalannya juga sangat mudah, apalagi zaman sekarang sudah ada ojek online yang dapat membantu Anda untuk sampai ke Omah Tembi Budaya.

Bentuk kolam yang didesain dari bebatuan yang dibentuk melingkar, (tidak seperti kolam pada umumnya yang berbentuk persegi) sangat menarik perhatian dan menambah nilai artistiknya. Serta semakin menarik di foto untuk feed instagram atau story Anda. View persawahan hijau dari kolam juga sangat menyegarkan mata.

 
Saya saat berenang di Omah Tembi Budaya
Untuk informasi dasar yaitu, tarif tiket masuk sebesar Rp 45.000 sudah termasuk service towel, nasi goreng dan teh botol. Jadwal buka mulai pukul tujuh pagi hingga enam sore, setiap hari. Menurut saya dengan harga segitu cukup worth it, mengingat konsep dari penginapan ini adalah Jawa yang sangat tradisional dan kolam yang sangat artistik. Namun, bagi saya nasi gorengnya kurang recomended, porsinya sangat sedikit dan topping yang disajikan kurang beragam dan sangat sedikit. Tetapi, dari segi rasa sangat enak.    

Jalan menuju kolam renang Omah Tembi Budaya

Kedalaman kolam terbagi menjadi tiga bagian. 110 cm untuk kolam yang berada lebih tinggi dari kolam di bawahnya. Sementara kolam anak-anak berada di bawah dengan kedalaman 50 cm yang menyatu dengan kolam dewasa dengan kedalaman mencapai 150 cm. Untuk anak-anak yang berenang pastikan selalu dalam pengawasan agar tetap aman dan nyaman.

Sebelum Anda meluncur, saya ingin berbagi tips renang di Omah Tembi Budaya. Yuk disimak!
1. Datanglah lebih awal, dan mungkin lebih baik saat jam buka awal sekitar pukul 07.00. Mengapa? Karena jika Anda datang kesiangan, di sini sangatlah ramai pengunjung lain. Tentu tidak cocok bukan, buat Anda yang tidak menyukai keramaian? Dan, di siang hari panas matahari sangat menyengat.
2. Usahakan datang di hari biasa, bukan weekend atau di akhir pekan. Mengapa? Ketika akhir pekan di sini sering diadakan acara seperti resepsi pernikahan, reuni atau acara lainnya. Termasuk saya sangat tidak nyaman jika hendak menuju kolam yang berlokasi di belakang dengan keadaan ramai di area depan Omah Tembi Budaya. Selain itu jaga-jaga juga jika kolam renang tidak dibuka untuk umum.
3. Menggunakan pakaian renang. Berenang menggunakan pakaian renang sangat disarankan, karena dapat membantu pergerakan saat renang menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Berbeda saat kita berenang menggunakan pakaian longgar yang dapat membuat pergerakan lebih lambat sebab daya hambatnya di dalam air juga lebih tinggi.

Menjadi pilihan yang pas bukan? Jika Anda ingin renang dengan sensasi yang Jawa banget.
Semoga tips di atas bermanfaat dan renang Anda jadi lebih menyenangkan. Happy Swimming!

Comments