Review dan Tagline (Suara.com)


Kapasitas media online di Indonesia cukuplah banyak. Banyaknya media online yang hadir tersebut terjadi karena perkembangan zaman yang  lambat laun mulai beralih ke dunia digital. Kemunculan smartphone, gadget dan sebagainya juga semakin mempermudah akses informasi dan berita yang disuguhkan dari media online. Selain itu, kemunculan barang-barang tersebut juga menjadi pemicu kehadiran situs-situs media online yang ada.
Media online, bersaing satu sama lain untuk menyuguhkan berita-berita dan informasi kepada audiensnya dengan antusias. Salah satunya, keberadaan suara.com dalam ranah media online yang dapat dikatakan tergolong baru. Bahkan saya mengetahuinya juga baru akhir bukan April lalu. Meskipun demikian, suara.com tidak kalah menarik dalam menyajikan berbagai berita faktual dan terkini.

Kehadiran media online, (suara.com) untuk Indonesia sangatlah khas. Logonya yang berwarna merah dan putih mencerminkan warna bendera Indonesia sendiri. Menurut saya,  untuk penampilan suara.com dapat menjadi ikon media online yang “Indonesia Banget”. Sebab identik dengan warna merah dan putihnya. Akan tetapi, berita dan informasi yang disuguhkan juga tidak hanya mengenai Indonesia saja. Berita Internasional dan yang bukan Indonesia bahkan disusupkan juga untuk masyarakat Indonesia supaya semakin kaya informasi.  Dan kata ‘beta’ yang dengan ukuran fontnya lebih kecil seolah-olah menandakan suara.com secara semakin jelas adalah berasal dari Indonesia. Sebab, di tilik dalam KBBI kata beta, memiliki arti ‘saya’ (digunakan orang-orang besar pd zaman dahulu dalam cerita klasik Melayu, penyair dalam karya sastra). Nah, saya di sini dapat dikatakan ya Indonesia itu.  

 Sedangkan tata letak, sudah cukup rapi dan teratur. Pasalnya, para penggunanya tidak terlalu rumit dalam menelusuri berita-berita yang disuguhkan untuk versi saya. Walaupun, bentuk tatanan tata letaknya tidak jauh berbeda dari situs-situs berita online pada umumnya.
 Dengan sepuluh pembagian kanal dalam tata letaknya, menjadikan suara.com semakin mudah dalam penyajian varian beritanya. Dan hal ini juga mempermudah pembaca untuk mencari berita yang ingin dibaca. Yang unik, pada kanal entertainment dan otomatif, dalam sub-kanalnya adanya slide kebawah dengan arah yang berlawanan yaitu kekanan dan kekiri. Menurut, saya ini adalah salah satu ciri khas yang dimiliki suara.com selain logonya yang Indonesia Banget.


Selain itu, penataan letak-letak iklan yang sesuai juga tidak begitu mengganggu mata pembaca saat membaca suara.com. Kehadiran iklannya juga belum terlalu banyak.  Meski ada, porsi pembagian tata letak untuk iklan juga seimbang dan sesuai dari kanal-kanal berita lain yang ada.

Kritik dan Saran Untuk Kanal News Dan Bola
a.      Kanal Bola
Dalam Kanal Bola saya perhatikan ia yang paling banyak memiliki sub-kanal dengan jumlahnya sepuluh. Sehingga, yang mendominasi dalam suara.com cenderung ke “Bola”. Saran saya, jika demikian lebih baik suara.com merubah media onlinenya dengan mengkhususkan pada berita dan informasi bola saja.

b.     Kanal News
Untuk kanal news, yang saya herankan mengapa di sana ada sub-kanal sport? Tidak bisakah jika kanal sport di pisahkan untuk menjadi kanal sport sendiri dan bukan pada kanal News? Supaya, pembaca ketika mencari berita dan informasi seputar sport tidak terlalu mumet dalam menemukan berita dan informasi yang dibutuhkan. Karena ada baiknya hanya berpusat pada kanal sport saja. Bukan News.
c.      Kanal Multimedia
Saran saya untuk kanal Multimedia yang tersusupkan highlight bola, lebih baik jika disatukan saja pada kanal Bola atau Sport. Versi saya, agak ruwet rasanya untuk menemukan berita dan informasi bola dengan kanal yang bercabang. Seperti pada News tentang sport dan kanal bola sendiri.Meski, sebenarnya saya tidak terlalu fanatik dengan dunia bola.

Harapan saya selanjutnya, kehadiran suara.com dalam ranah media online agar tetap menjadi situs pelayanan yang nyaman, mudah dan lengkap ketika ditelusuri oleh pembaca. Selebihnya, saran dan kritik yang saya berikan semoga dapat menjadi masukan dan perhatian untuk membuat suara.com ini menjadi lebih baik.
Saya juga berharap akan adanya akses suara.com melalui smartphone, atau ponsel seluler sejenis lainnya. Karena seperti sudah diketahui smartphone yang praktis ini dapat mempermudah dan memperbanyak pengunjung yang mengunjungi suara.com.


Untuk tagline
 Sebab-musabab suara.com logonya identik dengan warna merah dan putih sesuai bendera Indonesia, maka taglinenya menurut versi saya adalah : “Bersuara Untuk Indonesia.” Karena kehadirannya saya yakini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk masyarakat Indonesia. 



Kiriman oleh Suaradotcom.

       


Comments