Kapasitas
media online di Indonesia cukuplah banyak. Banyaknya media online yang hadir
tersebut terjadi karena perkembangan zaman yang
lambat laun mulai beralih ke dunia digital. Kemunculan smartphone,
gadget dan sebagainya juga semakin mempermudah akses informasi dan berita yang
disuguhkan dari media online. Selain itu, kemunculan barang-barang tersebut
juga menjadi pemicu kehadiran situs-situs media online yang ada.
Media
online, bersaing satu sama lain untuk menyuguhkan berita-berita dan informasi
kepada audiensnya dengan antusias. Salah satunya, keberadaan suara.com dalam
ranah media online yang dapat dikatakan tergolong baru. Bahkan saya
mengetahuinya juga baru akhir bukan April lalu. Meskipun demikian, suara.com
tidak kalah menarik dalam menyajikan berbagai berita faktual dan terkini.
Kehadiran
media online, (suara.com) untuk Indonesia sangatlah khas. Logonya yang berwarna
merah dan putih mencerminkan warna bendera Indonesia sendiri. Menurut
saya, untuk penampilan suara.com dapat menjadi
ikon media online yang “Indonesia Banget”. Sebab identik dengan warna merah dan
putihnya. Akan tetapi, berita dan informasi yang disuguhkan juga tidak hanya
mengenai Indonesia saja. Berita Internasional dan yang bukan Indonesia bahkan
disusupkan juga untuk masyarakat Indonesia supaya semakin kaya informasi. Dan kata ‘beta’ yang dengan ukuran fontnya
lebih kecil seolah-olah menandakan suara.com secara semakin jelas adalah
berasal dari Indonesia. Sebab, di tilik dalam KBBI kata beta, memiliki arti ‘saya’ (digunakan orang-orang
besar pd zaman dahulu dalam cerita klasik Melayu, penyair dalam karya sastra). Nah,
saya di sini dapat dikatakan ya Indonesia itu.
Sedangkan tata letak, sudah cukup rapi dan
teratur. Pasalnya, para penggunanya tidak terlalu rumit dalam menelusuri berita-berita
yang disuguhkan untuk versi saya. Walaupun, bentuk tatanan tata letaknya tidak
jauh berbeda dari situs-situs berita online pada umumnya.

Selain
itu, penataan letak-letak iklan yang sesuai juga tidak begitu mengganggu mata
pembaca saat membaca suara.com. Kehadiran iklannya juga belum terlalu banyak. Meski ada, porsi pembagian tata letak untuk
iklan juga seimbang dan sesuai dari kanal-kanal berita lain yang ada.
Kritik dan Saran Untuk Kanal News
Dan Bola
a.
Kanal Bola
Dalam Kanal Bola saya
perhatikan ia yang paling banyak memiliki sub-kanal dengan jumlahnya sepuluh. Sehingga,
yang mendominasi dalam suara.com cenderung ke “Bola”. Saran saya, jika demikian
lebih baik suara.com merubah media onlinenya dengan mengkhususkan pada berita
dan informasi bola saja.
b.
Kanal News
Untuk kanal news, yang
saya herankan mengapa di sana ada sub-kanal sport? Tidak bisakah jika kanal
sport di pisahkan untuk menjadi kanal sport sendiri dan bukan pada kanal News?
Supaya, pembaca ketika mencari berita dan informasi seputar sport tidak terlalu
mumet dalam menemukan berita dan informasi yang dibutuhkan. Karena ada baiknya
hanya berpusat pada kanal sport saja. Bukan News.
c.
Kanal Multimedia
Saran saya untuk kanal
Multimedia yang tersusupkan highlight bola, lebih baik jika disatukan saja pada
kanal Bola atau Sport. Versi saya, agak ruwet rasanya untuk menemukan berita dan
informasi bola dengan kanal yang bercabang. Seperti pada News tentang sport dan
kanal bola sendiri.Meski, sebenarnya saya tidak terlalu fanatik dengan dunia
bola.
Harapan saya selanjutnya, kehadiran
suara.com dalam ranah media online agar tetap menjadi situs pelayanan yang
nyaman, mudah dan lengkap ketika ditelusuri oleh pembaca. Selebihnya, saran dan
kritik yang saya berikan semoga dapat menjadi masukan dan perhatian untuk
membuat suara.com ini menjadi lebih baik.
Saya juga berharap akan adanya akses
suara.com melalui smartphone, atau ponsel seluler sejenis lainnya. Karena
seperti sudah diketahui smartphone yang praktis ini dapat mempermudah dan
memperbanyak pengunjung yang mengunjungi suara.com.
Untuk
tagline
Sebab-musabab
suara.com logonya identik dengan warna merah dan putih sesuai bendera
Indonesia, maka taglinenya menurut versi saya adalah : “Bersuara Untuk
Indonesia.” Karena kehadirannya saya yakini adalah tidak lain dan tidak bukan
untuk masyarakat Indonesia.
mau hadiah jutaan? yuk ikutan lomba tagline & reviewnya! di @suaradotcom cc: @vip_miftah @Riruru_02 @mikyou4 cek, http://t.co/loIgVwYI6y
— mita karunia (@mitakarunia) May 3, 2014
Comments
Post a Comment