Inilah Kiat-Kiat Memandikan Kucing yang Benar

sumber gambar : petlogue.com
Memiliki hewan berbulu nan menggemaskan si mpus ini sangat menyenangkan, bagi saya khususnya. Kebiasaan serta tingkah laku yang konyol selalu dirindukan tatkala jarak sedang berjauhan.
Salah satu kebiasaan atau tingkah lakunya adalah senang bermain-main atau ngusek-ngusek badannya dilantai dan di manapun di tempat yang menurut si mpus nyaman. Tanpa disadari tempat itu dapat mengotori bulunya yang halus dan enak di pegang (bagi saya).
Buat pemiliknya tentu ini tidak nyaman dilakukan (lagi) karena menghadirkan aroma yang tidak sedap. Tapi kalau buat si mpus mah ya bodo amat sih, HAHA! Karena si pemilik ini sudah sayang pasti akan membuat si mpus kembali bersih guna menjaga kesehatannya. Dan harum sebagai bonus biar lebih nyaman juga betah berlama-lama di elus-elus.
Solusi untuk menghilangkan bau dan kotoran tersebut adalah dimandikan, karena parfum saja kadang tidak cukup. Untuk mandi dapat kita serahkan ke petshop dengan membayar sesuai tarifnya.
Tetapi bagi saya memandikannya sendiri akan memberikan kepuasan dan menjadikan kita lebih akrab dengan si mpus. Memandikan mpusbukanlah perkara mudah, karena kita tahu bahwa mpus adalah hewan yang tidak suka air (kecuali untuk minum) wong kena cipratan air langsung melarikan diri.
Untuk mengatasi hal tersebut saya ingin berbagi tips dan trik untuk memandikan si mpus ini, hmmmm, langsung saja ya:
Buat Si Mpus Rileks
Dalam keadaan rileks dan nyaman adalah salah satu hal yang harus dilakukan agar ritual mandi berjalan lancar. Belai dan elus-elus lembut si mpus agar ia merasa nyaman dan tenang. Boleh juga memberikan camilan kesukaannya agar menjadi semakin rileks. Karena rileks dan kenyamanan adalah kunci si mpus dapat mandi lebih enak dan santai. 
Potong kukunya
Sebelum memandikan si mpus ada baiknya jika kita memotong kukunya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya serangan pencakaran dari mpus. Karena saya yakin ada mpus yang akan berontakan saat dimandikan. Maka cakar adalah senjata penyerangan yang dapat mpus lakukan. Dan kemudian kabur, tidak jadi mandi.
Gunakan air hangat
Layaknya bayi, saya sarankan memandikan kucing dengan air hangat. Sebab, kita tahu sendiri mpus adalah mahluk Tuhan yang kurang bisa berdamai dengan air, apalagi saat mandi. Menggunakan air hangat membuat mpus sedikit lebih tenang dan kalem saaat dimandikan dengan air hangat. Sehingga ritual mandi dapat terlaksana dengan baik.
Jangan lama-lama
Pastikan saat mpus dimandikan jangan berlama-lama. Lakukan ritual mandi dengan maksimal, toh kita hanya menyamponya saja hehe. Karena semakin lama tentu akan membuat si mpus kedinginan. Kan kasihan.
Di ruang tertutup
Penggunaan ruang tertutup akan dirasa perlu jika mpus sangat memberontak untuk dimandikan. Ruang yang tertutup akan membatasi geraknya dan tentunya akan menggagalkan aksinya jika ingin kabur dan tidak ingin dimandikan.
Gunakan samphoo yang pas
Maksud samphoo yang pas disini adalah samphoo yang sesuai kebutuhan si mpus. Ketika mpus berkutu kita dapat menggunakan samphoo kutu untuk membasmi kutu yang ada. 
Gunakan juga wangi-wangi yang enak dan sedap seperti aroma buah-buahan dan sebagainya. Hati-hati juga saat penggunaan samphoo jangan berlebihan dan jangan sampai diminum atau tertelan dan mengenai mata si mpus ya gaes..
Pakai Kanebo
Setelah ritual mandi terselesaikan dengan baik saya biasanya menggunakan kanebo untuk mengeringkan dan mengurangi kadar air yang ada dibulunya. Menggunakan kanebo saya rasa lebih efektif jika dibandingkan dengan kain karena akan sangat boros terlebih jika bulu-bulu si mpus sangatlah lebat dan penuh dengan air.
Kanebo akan membantu proses pengeringan lebih cepat dan mengurangi kadar air dibulunya. Selanjutnya kita dapat menggunakan hairdryer untuk proses pengeringan yang lebih sempurna. 
Tapi harap hati-hati saat menggunakan hairdryer karena ada beberapa mpus yang kaget dan takut dengan hairdryer. Jika ingin menggunakan hairdryer lakukan dengan hati-hati, jaraknya jangan terlalu dekat dan pastikan udara yang keluar dari hairdryer tidak terlalu panas karena mpus itu bukanlah mpus guling yang siap disantap hehe.
Sekian tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat. Sekiranya teman-teman punya tips yang menarik dan bermanfaat lainnya yuk bertukar di kolom komentar. Hehe.
Oh ya... FYI nih usia mpus yang mulai bisa dimandikan saat bayi adalah kurang lebih dua bulan ya. 
Jadi, nggak boleh asal dan sembarangan saat memandikan mpus gaes. Salam mpus,meong!

NB : Tulisan ini pernah di muat di akun pribadi saya di kompasiana

Comments